Saturday, February 5, 2011

OHV,DOHC dan SOHC

1. OHV (Overhead Valve)


OHV berarti Overhead Valve : desain mesin dimana camshaft terpasang di dalam blok mesin dan katup dioperasikan melalui lifters, pushrods dan lengan rocker (mesin OHV juga dikenal sebagai mesin "pushrod"). Meskipun desain OHV agak ketinggalan jaman, telah berhasil digunakan selama beberapa dekade. Mesin OHV sangat sederhana, memiliki ukuran lebih kompak dan terbukti tahan lama.
Pada sisi negatifnya, sangat sulit untuk secara tepat mengontrol timing katup di rpm tinggi karena inersia yang lebih tinggi disebabkan oleh jumlah yang lebih besar dari komponen katup (pengangkat-pushrod-rocker arm). Juga, sangat sulit untuk memasang lebih dari 2 katup per silinder, atau menerapkan beberapa teknologi terbaru seperti Variable Valve Timing - sesuatu yang dapat dengan mudah dilakukan di mesin DOHC.



2. DOHC atau Twin cam engine 



DOHC atau Double Overhead Cam :  tipe ini digunakan dalam mobil jaman sekarang. Karena itu mungkin untuk memasang beberapa katup per silinder dan katup intake tempat di sisi berlawanan dari lembah knalpot, mesin DOHC dapat "bernafas" lebih baik, artinya dapat menghasilkan horsepowers lebih dengan volume mesin lebih kecil. Bandingkan: Mesin V6 3.5-liter DOHC tahun 2003 Nissan Pathfinder memiliki 240 hp, sama dengan 245 hp dari mesin V8 5,9-liter OHV tahun 2003 Dodge Durango.
Kelebihan: efisiensi tinggi, mungkin untuk memasang beberapa katup per silinder dan mengadopsi waktu variabel.
konstruksi : Lebih kompleks dan lebih mahal desain


3. OHC atau SOHC



OHC pada umumnya berarti Overhead Cam sedangkan SOHC berarti Single Overhead Cam.
Dalam mesin SOHC camshaft dipasang di kepala silinder dan katup yang dioperasikan baik oleh lengan rocker atau langsung melalui lifters (seperti pada gambar).
Keuntungannya adalah bahwa katup dioperasikan hampir langsung oleh camshaft, yang membuatnya mudah untuk mencapai waktu yang tepat di rpm tinggi. Juga mungkin untuk menginstal tiga atau empat katup per silinder
Kerugiannya adalah bahwa sebuah mesin OHC memerlukan timing belt atau rantai dengan komponen terkait - desain yang lebih kompleks dan lebih mahal.


No comments:

Post a Comment