Saturday, June 25, 2011

Tips Perawatan AKI Basah pada Mobil


Aki merupakan sumber Energi atau sumber listrik pada kendaraan bermesin,baik kendaraan roda 2 maupun roda 4. Aki terdiri dari 2 tipe,tipe basah dan tipe kering. Pada umumnya aki yang digunakan pada mobil adalah tipe aki basah..
Setiap aki memiliki 2 indikator yakni level upper (tertinggi) dan level lower (terendah) yang tertulis pada salah satu sisi aki. pemilik aki dianjurkan melakukan pengecekan air Aki setiap 1 bulan sekali dengan melihat indikator level tersebut.berikut tips Perawatan Aki Basah :
 Cara melepas Aki Rusak :
  1. Lihat dan perhatikan kabel-kabel yang digunakan, dan juga perhatikan kutub-kutub aki. Yang mana yang harus ke positif (+) dan yang mana yang harus ke negatif (-).
  2. Lepaskan klem aki negatif (-) terlebih dahulu . Kemudian dilanjutkan dengan melepas klem aki positif (+)  Langkah ini dilakukan agar ketika membuka klem aki  kendaraan tidak terjadi korsleting.
  3. Bersihkan klem aki, kabel, dan terminal kabel. Amplas, siram air panas dan sikat jika perlu.
  4. Pindahkan aki rusak ke tempat yang aman.

Cara memasang Aki Baru :

  1. Bersihkan Rak tempat aki, letakan aki baru pada posisi yang baik dan tidak miring.
  2. Pasang klem aki positif (+) terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan pemasangan klem aki negatif (-).
  3. Lapisi klem aki dengan Grease agar sedikit memperlambat laju korosi..
Cek dan Recek :
  1. Sebelum menstart mobil anda, lakukan pengecekan sekali lagi, apakah pemasangan aki sudah benar, klem aki positif (+) ke terminal positif (+) pada mobil dan klem aki negatif (-) ke terminal negatif (-) mobil.
  2. Cek apakah klem aki sudah terpasang dengan baik dan benar.
  3. Nyalakan kontak ke posisi on : cek apakah lampu indikator aki di speedometer anda menyala. Jika tidak periksa sistem charging. Jika nyala maka lanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Hidupkan mesin, Saat mesin menyala maka seharusnya lampu indikator bergambar aki di speedometer akan segera padam. Jika tidak cek sistem charging.
Penambahan air aki :
  1. Jika kurang jauh di bawah level minimum, sebaiknya penambahan air aki dilakukan pada saat kondisi aki Dingin agar tidak merusak sel aki (plat aki). Jika di lakukan disaat panas di khawatirkan plat aki akan menyusut secara tiba-tiba dan berakhir dengan keretakan.
  2. Jika tidak berada dibawah level minimum, penambahan air aki dapat dilakukan kapan saja, tetapi sebaiknya diisi pada Pagi hari sebelum mesin dinyalakan.
Tips Perawatan Aki :
  • Mengecek level air aki (untuk aki basah) setiap 2 minggu sekali. Jika kurang tambahkan dengan Aquades atau air bebas mineral. Jangan gunakan Air aki zuur atau H2 SO4.
  • Membersihkan klem aki dengan cara menyiramnya dengan air panas dan di sikat dengan sikat kawat atau sikat gigi. Jika perlu buka terminal aki dari aki dan bersihkan dengan sikat atau amplas.
  • Setiap 6 bulan sekali lakukan pengechargan dengan menggunakan charger di luar mobil. Lakukan fast charging selama 1-2 jam. Hal ini untuk menormalisasi sel-sel aki.
  • Ganti aki anda bila perlu.

No comments:

Post a Comment